Informasi PPDB Tahun 2024

PPDB 2024/2025 PROVINSI RIAU

 

Penerimaan Peserta Didik Baru pada jenjang Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan Provinsi Riau dilaksanakan oleh satuan Pendidikan, Berdasarkan Peraturan Gubernur Riau Nomor 14 Tahun 2021 tanggal 7 Mei 2021 Maka dari itu kami keluarga besar SMK Negeri 6 Pekanbaru Mengajak Lulusan Sekolah Menengah Pertama untuk bergabung pada kesempatan PPDB Tahun 2024, TANPA CALO ya....

 

Pra-pendaftaran 21 Juni 2024 - 24 Juni 2024
Pendaftaran 24 Juni 2024 - 29 Juni 2024 (13:00 WIB)

*) Pendaftaran adalah proses memilih sekolah dan jalur atau kelompok yang ingin dituju oleh calon peserta didik, selama kesempatan peserta didik masih tersedia. 

Untuk Proses Pendaftaran Penerimaan Murid Baru Tahun 2024-2025 di laksanakan secara daring (dalam Jaringan)/ secara online di website resmi Dinas Pendidikan Provinsi Riau ppdb.riau.go.id

Video Tutorial Penggunaan Aplikasi PPDB Online RIAU 2024 Bisa Di klik >>>DISINI<<<

 
 

Berikut berapa hal yang wajib untuk disimak dan di pahami:

1.  Petunjuk Teknis /Juknis PPDB Tahun 2024....( Klik disini)

2.  Tahapan dan Panduan PPDB...(Klik disini)

3.  Buku Panduan PPDB Online...(Klik disini)

4. Jadwal PPDB Tahun 2024.... ( Klik disini)

5. Syarat PPDB Tahun 2024.....( Klik disini)

6. Syarat Daftar Ulang PPDB bagi calon siswa yang dinyatakan lulus....( Klik disini)

7. Jumlah Quota atau dayang tampung Perjurusan....( Klik disini)

Note:

Baca dan Pahami Panduan dan Tatacara pendaftaran PPDB 2024 seblum melakukan Pendaftaran

 

Helpdesk/Layanan Informasi:

M. Yasir,  Hp: 0811-759-6238

Hendri Fahmi Hp: 0812-1506-600

Note: 

Untuk Pengaduan Layanan Informasi hanya berlaku pada hari kerja hingga pukul 17.00 WIB.

 

Pemasaran (Inggrismarketing) adalah aktivitas dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan dan masyarakat umum.[1] Pemasaran berasal dari kata pasar. Pasar yang dimaksud di sini bukanlah dalam pengertian konkret, tetapi lebih ditujukan pada pengertian abstrak. Pemasaran telah didefinisikan dengan berbagai cara yang berbeda oleh para pakar pemasaran[2]. Philip Kotler dalam buku “Manajemen Pemasaran” memberikan definisi sebagai berikut. “Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial di mana individu-individu dan kelompok-kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan, penawaran, dan pertukaran produk-produk yang bernilai”.[2]

Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya.

Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk dan mempromosikan barang. Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.

Konsep pemasaran atau marketing menurut pengertiannya adalah segala kegiatan perusahaan untuk menawarkan produk. Dalam praktiknya, perusahaan harus mampu menyesuaikan produknya dengan keunggulan pasar.[3]

Jurusan PEMASARAN di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mempersiapkan siswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dalam bidang pemasaran dan penjualan. Berikut adalah gambaran umumnya:

Tujuan Jurusan Pemasaran di SMK:

  1. Menyiapkan Tenaga Kerja Terampil di Bidang Pemasaran: Memberikan pelatihan praktis kepada siswa agar memiliki keterampilan yang diperlukan untuk bekerja di bidang pemasaran dan penjualan.
  2. Mengenalkan Konsep Dasar Pemasaran: Memperkenalkan prinsip-prinsip dasar pemasaran, strategi penjualan, dan promosi kepada siswa.
  3. Mengembangkan Keterampilan Komunikasi dan Interpersonal: Melatih siswa dalam berkomunikasi dengan baik, bekerjasama dalam tim, dan berinteraksi dengan pelanggan.
  4. Persiapan Lanjutan: Menyiapkan siswa untuk langsung bekerja di industri pemasaran atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi terkait dengan bidang bisnis dan pemasaran.

Kompetensi Tamatan:

  1. Pemahaman Dasar Pemasaran: Memahami konsep dasar pemasaran, seperti segmentasi pasar, bauran pemasaran (marketing mix), dan perilaku konsumen.
  2. Keterampilan Penjualan: Menguasai teknik-teknik penjualan, negosiasi, dan membangun hubungan dengan pelanggan.
  3. Kemampuan Analisis Pasar: Dapat melakukan analisis pasar sederhana untuk mengidentifikasi peluang dan tantangan dalam pemasaran.
  4. Keterampilan Promosi: Mampu merencanakan dan melaksanakan kegiatan promosi dan branding produk atau jasa.
  5. Keterampilan Komunikasi: Berkomunikasi secara efektif baik secara lisan maupun tertulis untuk berinteraksi dengan pelanggan dan rekan kerja.

Lingkup Pekerjaan:

  1. Asisten Pemasaran: Mendukung tim pemasaran dalam kegiatan promosi, survei pasar, dan analisis kompetitor.
  2. Sales Representative: Bertanggung jawab atas penjualan produk atau jasa kepada pelanggan.
  3. Customer Service: Memberikan layanan pelanggan, menangani keluhan, dan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.
  4. Staf Promosi: Terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan promosi, seperti event, pameran, dan kampanye marketing.
  5. Asisten Manajer Pemasaran: Mendukung manajer pemasaran dalam merencanakan dan mengimplementasikan strategi pemasaran.

Lulusan jurusan Pemasaran di SMK memiliki kesempatan untuk bekerja di berbagai sektor industri, seperti perusahaan ritel, agen periklanan, manajemen merek, perusahaan teknologi, atau berbagai bidang bisnis lainnya yang membutuhkan keahlian pemasaran. Mereka juga dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau mengikuti pelatihan lanjutan untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam pemasaran dan penjualan.