Informasi PPDB Tahun 2024

PPDB 2024/2025 PROVINSI RIAU

 

Penerimaan Peserta Didik Baru pada jenjang Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan Provinsi Riau dilaksanakan oleh satuan Pendidikan, Berdasarkan Peraturan Gubernur Riau Nomor 14 Tahun 2021 tanggal 7 Mei 2021 Maka dari itu kami keluarga besar SMK Negeri 6 Pekanbaru Mengajak Lulusan Sekolah Menengah Pertama untuk bergabung pada kesempatan PPDB Tahun 2024, TANPA CALO ya....

 

Pra-pendaftaran 21 Juni 2024 - 24 Juni 2024
Pendaftaran 24 Juni 2024 - 29 Juni 2024 (13:00 WIB)

*) Pendaftaran adalah proses memilih sekolah dan jalur atau kelompok yang ingin dituju oleh calon peserta didik, selama kesempatan peserta didik masih tersedia. 

Untuk Proses Pendaftaran Penerimaan Murid Baru Tahun 2024-2025 di laksanakan secara daring (dalam Jaringan)/ secara online di website resmi Dinas Pendidikan Provinsi Riau ppdb.riau.go.id

Video Tutorial Penggunaan Aplikasi PPDB Online RIAU 2024 Bisa Di klik >>>DISINI<<<

 
 

Berikut berapa hal yang wajib untuk disimak dan di pahami:

1.  Petunjuk Teknis /Juknis PPDB Tahun 2024....( Klik disini)

2.  Tahapan dan Panduan PPDB...(Klik disini)

3.  Buku Panduan PPDB Online...(Klik disini)

4. Jadwal PPDB Tahun 2024.... ( Klik disini)

5. Syarat PPDB Tahun 2024.....( Klik disini)

6. Syarat Daftar Ulang PPDB bagi calon siswa yang dinyatakan lulus....( Klik disini)

7. Jumlah Quota atau dayang tampung Perjurusan....( Klik disini)

Note:

Baca dan Pahami Panduan dan Tatacara pendaftaran PPDB 2024 seblum melakukan Pendaftaran

 

Helpdesk/Layanan Informasi:

M. Yasir,  Hp: 0811-759-6238

Hendri Fahmi Hp: 0812-1506-600

Note: 

Untuk Pengaduan Layanan Informasi hanya berlaku pada hari kerja hingga pukul 17.00 WIB.

 

Makanan atau panganan adalah zat yang dimakan oleh makhluk hidup untuk mendapatkan nutrisi yang kemudian diolah menjadi energiKarbohidratlemakproteinvitamin, dan mineral merupakan nutrien dalam makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Cairan untuk dikonsumsi sering disebut minuman, tetapi kata 'makanan' juga bisa dipakai untuk menggantikannya. Makanan yang dikonsumsi oleh manusia disebut pangan, sedangkan makanan yang dikonsumsi oleh hewan disebut pakan.

Kualitas suatu makanan dapat dinilai dari energi makanan dan umur simpan yang dimilikinya. Konsumsi makanan yang tidak tepat atau tidak cukup akan menyebabkan malnutrisi, dan dapat berdampak pada berbagai gangguan kesehatan. Selain itu, beberapa jenis makanan bisa memicu timbulnya alergi makanan saat dikonsumsi oleh individu yang sensitif. Bahan makanan diolah menjadi berbagai hidangan yang berbeda-beda dan menjadi ciri khas suatu kebudayaan atau penduduk di lokasi geografis tertentu. Makanan merupakan subjek yang dipelajari dalam berbagai ilmu, seperti ilmu pangan, ilmu gizi atau nutrisi, dan gastronomi.

Adanya jurusan KULINER di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bertujuan untuk mempersiapkan siswa dengan keterampilan dalam bidang kuliner dan perhotelan. Berikut adalah gambaran umumnya:

Tujuan Jurusan Kuliner di SMK:

  1. Menyiapkan Tenaga Kerja Terampil di Bidang Kuliner: Memberikan pelatihan praktis kepada siswa agar memiliki keterampilan yang diperlukan dalam industri kuliner dan perhotelan.
  2. Mengembangkan Keterampilan Memasak dan Penyajian: Mempersiapkan siswa dengan keterampilan memasak berbagai jenis hidangan dan teknik penyajian yang sesuai dengan standar industri.
  3. Memperkenalkan Prinsip-prinsip Kebersihan dan Keamanan Pangan: Mengajarkan siswa tentang kebersihan, sanitasi, dan prinsip keamanan pangan dalam industri kuliner.
  4. Persiapan Lanjutan: Menyiapkan siswa untuk langsung bekerja di industri perhotelan, restoran, atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi terkait dengan bidang kuliner dan perhotelan.

Kompetensi Tamatan:

  1. Keterampilan Memasak: Mampu mempersiapkan dan memasak berbagai jenis hidangan mulai dari masakan lokal hingga internasional.
  2. Pengetahuan Bahan Makanan: Memahami karakteristik bahan makanan, teknik pengolahan, dan penggunaan bahan-bahan dalam masakan.
  3. Keterampilan Penyajian: Menguasai teknik penyajian makanan dan minuman yang menarik dan estetis.
  4. Kebersihan dan Sanitasi: Memahami prinsip kebersihan dan sanitasi dapur serta standar keamanan pangan.
  5. Keterampilan Manajemen Dapur: Dapat mengelola operasional dapur, termasuk perencanaan menu, pengadaan bahan baku, dan kontrol persediaan.

Lingkup Pekerjaan:

  1. Chef atau Koki: Bertanggung jawab atas persiapan dan pengolahan makanan di restoran, hotel, atau katering.
  2. Pastry Chef: Spesialis dalam pembuatan berbagai produk roti dan kue.
  3. Demi Chef: Asisten koki yang bertanggung jawab atas bagian tertentu dalam dapur.
  4. Bartender: Meracik minuman dan menyajikan minuman di bar atau restoran.
  5. Pramusaji atau Waiter: Melayani pelanggan, mengambil pesanan, dan menyajikan hidangan di restoran atau kafe.

Lulusan jurusan Kuliner di SMK memiliki peluang karir yang luas di industri perhotelan, restoran, kafe, katering, kapal pesiar, dan berbagai tempat wisata. Mereka juga dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau mengikuti pelatihan lanjutan untuk mengembangkan keahlian spesifik dalam bidang kuliner dan perhotelan.

VIDEO

PENANGAN DASAR PENGOLAHAN MAKAN  PERALATAN MEMASAK  TEKNIK PENGOLAHAN MAKANAN PRAKTEK MARZIPAN "SIMANIS DARI EROPA"  HOW TO MAKE FRUITS BASKET  IMPLIKASI PERPUSTAKAAN MUTIARA ILMU