Informasi PPDB Tahun 2024

PPDB 2024/2025 PROVINSI RIAU

 

Penerimaan Peserta Didik Baru pada jenjang Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan Provinsi Riau dilaksanakan oleh satuan Pendidikan, Berdasarkan Peraturan Gubernur Riau Nomor 14 Tahun 2021 tanggal 7 Mei 2021 Maka dari itu kami keluarga besar SMK Negeri 6 Pekanbaru Mengajak Lulusan Sekolah Menengah Pertama untuk bergabung pada kesempatan PPDB Tahun 2024, TANPA CALO ya....

 

Pra-pendaftaran 21 Juni 2024 - 24 Juni 2024
Pendaftaran 24 Juni 2024 - 29 Juni 2024 (13:00 WIB)

*) Pendaftaran adalah proses memilih sekolah dan jalur atau kelompok yang ingin dituju oleh calon peserta didik, selama kesempatan peserta didik masih tersedia. 

Untuk Proses Pendaftaran Penerimaan Murid Baru Tahun 2024-2025 di laksanakan secara daring (dalam Jaringan)/ secara online di website resmi Dinas Pendidikan Provinsi Riau ppdb.riau.go.id

Video Tutorial Penggunaan Aplikasi PPDB Online RIAU 2024 Bisa Di klik >>>DISINI<<<

 
 

Berikut berapa hal yang wajib untuk disimak dan di pahami:

1.  Petunjuk Teknis /Juknis PPDB Tahun 2024....( Klik disini)

2.  Tahapan dan Panduan PPDB...(Klik disini)

3.  Buku Panduan PPDB Online...(Klik disini)

4. Jadwal PPDB Tahun 2024.... ( Klik disini)

5. Syarat PPDB Tahun 2024.....( Klik disini)

6. Syarat Daftar Ulang PPDB bagi calon siswa yang dinyatakan lulus....( Klik disini)

7. Jumlah Quota atau dayang tampung Perjurusan....( Klik disini)

Note:

Baca dan Pahami Panduan dan Tatacara pendaftaran PPDB 2024 seblum melakukan Pendaftaran

 

Helpdesk/Layanan Informasi:

M. Yasir,  Hp: 0811-759-6238

Hendri Fahmi Hp: 0812-1506-600

Note: 

Untuk Pengaduan Layanan Informasi hanya berlaku pada hari kerja hingga pukul 17.00 WIB.

 

Teknik Komputer dan Jaringan (disingkat TKJ) merupakan ilmu berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkait kemampuan algoritma, dan pemrograman komputer, perakitan komputer, perakitan jaringan komputer, dan pengoperasian perangkat lunak, dan internet. Teknik komputer, dan jaringan juga membutuhkan pemahaman di bidang teknik listrik, dan ilmu komputer sehingga mampu mengembangkan, dan mengintegrasikan perangkat lunak, dan perangkat keras.[1] 

Teknik Komputer & Jaringan (TKJ) ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa dengan keterampilan teknis dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK), khususnya terkait dengan pengelolaan jaringan dan sistem komputer. Berikut adalah gambaran umumnya:

Tujuan Jurusan Teknik Komputer & Jaringan (TKJ) di SMK:

  1. Menyiapkan Tenaga Kerja Terampil di Bidang Teknologi Informasi: Memberikan pelatihan praktis kepada siswa agar memiliki keterampilan teknis yang diperlukan dalam mengelola dan memelihara sistem komputer dan jaringan.
  2. Mengenalkan Konsep Dasar Teknologi Komputer & Jaringan: Memperkenalkan prinsip-prinsip dasar tentang komputer, jaringan, sistem operasi, dan keamanan informasi kepada siswa.
  3. Mengembangkan Keterampilan Teknis: Melatih siswa dalam instalasi, konfigurasi, troubleshooting, dan pemeliharaan perangkat keras dan perangkat lunak komputer.
  4. Persiapan Lanjutan: Menyiapkan siswa untuk bekerja di industri TI atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi terkait dengan teknologi komputer dan jaringan.

Kompetensi Tamatan:

  1. Pemahaman Dasar Teknologi Informasi: Memahami konsep dasar tentang komputer, sistem operasi, jaringan komputer, dan keamanan informasi.
  2. Keterampilan Instalasi dan Konfigurasi: Mampu menginstal, mengonfigurasi, dan memelihara perangkat keras dan perangkat lunak komputer.
  3. Pengelolaan Jaringan Komputer: Menguasai konsep dasar pengelolaan jaringan komputer, termasuk konfigurasi router, switch, dan pengaturan keamanan jaringan.
  4. Troubleshooting: Kemampuan untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah perangkat keras dan perangkat lunak komputer serta jaringan.
  5. Keamanan Informasi: Memahami pentingnya keamanan informasi dan mampu menerapkan langkah-langkah keamanan dasar dalam pengelolaan jaringan dan sistem komputer.

Lingkup Pekerjaan:

  1. Teknisi Komputer: Melakukan instalasi, pemeliharaan, dan perbaikan perangkat keras dan perangkat lunak komputer.
  2. Administrator Jaringan: Bertanggung jawab atas pengelolaan dan pemeliharaan jaringan komputer dalam sebuah organisasi.
  3. Teknisi Help Desk: Memberikan dukungan teknis kepada pengguna yang mengalami masalah dengan komputer atau jaringan.
  4. Spesialis Keamanan Informasi: Terlibat dalam menerapkan kebijakan dan prosedur keamanan informasi serta mengelola perlindungan data.
  5. Administrator Sistem: Mengelola sistem operasi dan infrastruktur teknologi informasi organisasi.

Lulusan jurusan TKJ di SMK memiliki peluang karir di berbagai industri yang membutuhkan tenaga kerja terampil di bidang teknologi informasi dan komunikasi, seperti perusahaan teknologi, penyedia layanan internet, perusahaan telekomunikasi, atau departemen IT di berbagai organisasi. Mereka juga dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam bidang teknologi komputer dan jaringan.